Kamis, 07 Februari 2013

Peranan Elektrokimia dalam Kehidupan Sehari-hari

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
          Banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan proses dari reaksi kimia. Salah satunya adalah adalah reaksi kimia yang bisa menimbulkan energi listrik yang bisa memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan, misalnya dalam industri pembuatan baterai, aki, dan lain-lain yang bisa mengantarkan arus listrik. Reaksi kimia yang bisa menghantarkan listrik berhubungan sekali dengan sel elektrokimia, karena dalam sel elektrokimia terjadi reaksi antar ion anode dan ion katode yang bisa menghantarkan arus listrik.
          Elektrokimia adalah ilmu yang mempelajari aspek elektronik dan reaksi kimia. Elemen yang digunakan dalam reaksi elektrokimia dikarakterisasikan dengan banyaknya elektron yang dimiliki. Dengan kata lain adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan arus listrik dan potensial (Atkins, 1999). Metode elektrokimia adalah metode yang didasarkan pada reaksi redoks, yakni gabungan dari reaksi reduksi dan oksidasi, yang berlangsung pada elektroda yang sama/berbeda dalam suatu sistem elektrokimia. Sistem elektrokimia meliputi sel elektrokimia dan reaksi elektrokimia. Secara garis besar, sel elektrokimia dapat digolongkan menjadi sel volta dan sel elektrolisis. Sel volta adalah sel elektrokimia yang dapat menyebabkan terjadinya energi listrik dari suatu reaksi redoks yang spontan. Sedangkan sel elektrolisis adalah sel yang menggunakan arus listrik untuk menghasilkan reaksi redoks (Pangganti, 2011).
          Elektrokimia memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan industri misalnya aki, baterai, penyepuhan dan lain-lain. Selain itu, dalam bidang analisis kimia elektrokimia juga memiliki peranan yang sangat penting seperti proses elektroanalisis, elektrosintesis, elektrokoagulasi, elektrodialisis, elektrowinning, elektrofining, dan elektroplating (Rocky, 2012). Untuk itu, dalam makalah ini akan dibahas beberapa terkait elektrokimia diantaranya pengertian elektrokimia, penggolongan serta peranannya dalam bidang analisis kimia.
1.2         Rumusan Masalah
          Berdasarkan uraian latar belakang di atas, dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut.
1.             Apakah yang dimaksud dengan elektrokimia?
2.             Bagaimana penggolongan sel elektrokimia?
3.             Bagaima peranan elektrokimia dalam bidang analisis kimia?
1.3         Tujuan Penulisan
          Sejalan dengan rumusan masalah di atas, adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.             Mengetahui pengertian elektrokimia.
2.             Mengetahui penggolongan sel elektrokimia.
3.             Mengetahui peranan elektrokimia dalam bidang analisis kimia.
1.4         Manfaat Penulisan
            Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penulisan makalah ini adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai elektrokimia dan penggolongannya (sel volta dan sel elektrolisis), serta peranannya dalam bidang analisis kimia (elektroanalisis, elektrosintesis, elektrokoagulasi, elektrodialisis, elektrowinning, elektrofining, dan elektroplating).
1.5         Metode Penulisan
          Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode kepustakaan yakni mengumpulkan data yang diperlukan dari bahan-bahan referensi seperti buku, diktat kuliah, makalah, dan jurnal yang bersangkutan dengan topik yang akan dibahas oleh penulis.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar